Cara Mengetahui Perbedaan Tumbuhan Monokotil dan Dikotil

Perbedaan Tumbuhan Monokotil dan Dikotil - Didunia ini Tuhan menciptakan berbagai macam makhluk hidup beserta cirinya masing-masing, termasuk juga pada tumbuh-tumbuhan. Terdapat dua jenis tumbuhan, yakni tumbuhan monokotil dan dikotil. Perbedaan tumbuhan monokotil dan dikotil perlu Anda ketahui sehingga mempermudah Anda ketika akan mencangkok tanaman-tanaman hias atau sebatas memahaminya sebagai pengetahuan. Tumbuhan monokotil merupakan jenis tumbuhan yang memiliki keping biji tunggal, sedangkan tumbuhan dikotil merupakan jenis tumbuhan yang memiliki biji berkeping dua.
Itulah pengertian mengenai tumbuhan monokotil dan dikotil. Adapun perbedaan lainnya bisa Anda simak sebagai berikut ini :

Bentuk akar
Bentuk akar juga menjadi salah satu pembeda antara tumbuhan monokotil dan dikotil, sehingga walau Anda masih awam tentang tumbuhan ini, tetap bisa dibedakan dari bentuk akarnya. Tumbuhan monokotil memiliki akar serabut, sedangkan tumbuhan dikotil memiliki akar tunggang.

Pola daun
Perbedaan antara tumbuhan monokotil dan dikotil dapat juga di ketahui melalui bentuk daunnya. Ini adalah cara yang mudah karena Anda langsung bisa melihat atau menyentuh daunnya langsung. Jika tumbuhan monokotil bentuk daunnya adalah sejajar, lalu jenis dikotil pola daunnya menyirip atau menjari.

Kandungan batang
Sudah menjadi hukum alam bahwa perbedaan tumbuhan monokotil dan dikotil bisa di ketahui melalui ilmu pengetahuan. Dalam hal semacam ini, batang tumbuhan monokotil tidak terdapat kambium, lain halnya dengan batang tumbuhan dikotil yang terdapat kambiumnya.

Jumlah kelopak bunga
Nah, jumlah kelopak bunga juga bisa Anda buktikan secara langsung untuk membedakan tumbuhan dikotil ataupun monokotil. Jika kelopak bunga kelipatan tiga maka sudah di pastikan bahwa tumbuhan tersebut merupakan tumbuhan monokotil. Lalu untuk tumbuhan dikotil kelopak bunganya adalah kelipatan lima.

Itulah beberapa bagian utama yang membedakan antara tumbuhan monokotil dan tumbuhan monokotil. Masih terdapat bagian-bagian lain sebagai perbedaan tumbuhan monokotil dan dikotil. Selanjutnya yaitu mengenai bentuk batangnya. Tumbuhan monokotil selain batangnya yang tidak berkambium, ternyata juga tidak bercabang. Lain halnya dengan tumbuhan dikotil yang berkambium dan juga memiliki cabang. Jadi, pohon-pohon yang cabangnya banyak seperti pohon buah jeruk sudah bisa di pastikan itu yaitu tumbuhan dikotil. Lihat saja biji jeruk juga berkeping dua. Batang pisang juga sudah jelas jika termasuk tumbuhan monokotil. Hal semacam ini bisa di ketahui dengan batangnya yang tidak bercabang, tidak berkambium, dan akarnya akar serabut.

Perbedaan tumbuhan monokotil dan dikotil selanjutnya yang lebih mendalam yakni pada pembuluh angkut. Tumbuhan monokotil memiliki pembuluh angkut yang tidak teratur, sedangkan tumbuhan dikotil pembuluh angkutnya teratur. Terdapat batang lembaga dan akar lembaga pada tumbuhan monokotil, tetapi tidak terdapat bagian tersebut pada tumbuhan dikotil. Tumbuhan monokotil bisa ditemukan pada jenis rumput-rumputan, padi, jagung, tebu, palem, macam-macam pisang, macam-macam anggrek, jahe-jahean, dan tanaman pandan. Lalu tumbuhan dikotil banyak didapati pada kacang-kacangan, terung-terungan, jeruk, kopi, tumbuhan macam-macam getah, dan lain sebagainya. 

Sekian yang bisa disampaikan mengenai Perbedaan Tumbuhan Monokotil dan Dikotil semoga bisa bermanfaat  untuk Anda semua.