Ilmu Fisika: Perbedaan Massa dan Berat

Perbedaan Massa dan Berat - Bagi sebagian orang awam, pengertian massa dan berat sering disamakan. Memang keduanya yaitu sama-sama sifat benda. Namun, dalam ilmu fisika kedua sifat benda tersebut sekalipun tidak sama dan akan sangat fatal bagi seseorang yang belajar ilmu fisika namun tidak bisa membedakan antara massa dan berat. Massa pada dasarnya merupakan usaha benda mempertahankan kondisinya saat diam ataupun bergerak. Sedangkan berat merupakan suatu efek ketika gaya gravitasi mempengaruhi suatu massa benda.

Massa lebih berbentuk konstan daripada berat yang di pengaruhi gaya gravitasi bumi. Seseorang yang lebih dekat dengan titik medan magnet bumi atau kutub bumi pastinya akan memiliki berat yang lebih besar daripada yang lebih jauh dari kutub. Contoh lainnya yaitu apabila seorang astronout sedang berada diluar angkasa, ia akan berjalan melayang-layang seolah ia tidak memiliki berat sama sekali. Sifat astronot yang berubah seperti kertas ini disebabkan karena rendahnya atau tidak adanya gaya gravitasi yang ada di ruang angkasa. Massa suatu benda akan selalu sama dimana saja benda tersebut berada. Massa suatu bola besi akan sama walaupun ia dibawa ke lembah atau puncak gunung.

Massa juga dapat mendefinisikan adanya ruang atau volume yang ada dalam suatu benda, sedangkan berat hanya sebatas implikasi dari beban benda yang terkait dengan gaya gravitasi. Apa pun yang berada diatas bumi tentunya akan “menempel” pada bumi. Ketika suatu benda tenggelam di laut, berat benda tersebut menjadi berkurang. Hal ini dikarenakan daya apung atau dorongan dari bawah air yang menantang arah gravitasi bumi.

Berat memiliki rumus tersendiri yakni berat benda sama dengan perkalian antara massa benda dan percepatan gravitasi. Massa benda yaitu volume benda itu sendiri. Hal ini tentunya menjadi hal yang perlu digaris bawahi, bahwa percepatan gravitasi ikut mempengaruhi besarnya berat suatu benda. Percepatan gravitasi di Bumi tentunya akan berbeda dengan percepatan gravitasi di Bulan atau di ruang hampa angkasa yang sama sekali tidak memiliki percepatan gravitasi, sehingga berat bendanya yaitu nol.

Dari beberapa hal yang kami paparkan, satu hal yang bisa digaris bawahi mengenai perbedaan massa dan berat, yakni bahwa massa berbentuk tetap dan tidak terpengaruh oleh gaya gravitasi bumi. Sedangkan berat sangat terkait dengan gaya gravitasi. Berat manusia di bulan dengan berat manusia di bumi akan sangat berbeda tergantung gaya gravitasinya. Massa sendiri memiliki besaran skalar, dan berat memiliki skala besaran vector. Massa juga memiliki alat ukur yang disebut neraca, sedangkan untuk berat alat ukurnya disebut neraca pegas. Seperti yang kita ketahui, massa memiliki satuan kilogram, sedangkan berat memiliki satuan Newton.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai perbedaan massa dan berat. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.