Inilah Perbedaan Data dan Informasi yang Wajib untuk Anda Ketahui

Perbedaan Data dan Informasi - Bagi Anda yang masih bingung mengenai perbedaan data dan informasi, simak penjelasan berikut ini. Data dan informasi adalah hal yang sering ditemui, terlebih lagi di jaman yang serba modern seperti sekarang ini. Banyak orang yang memberikan, mendapatkan maupun menggunakan data dan informasi. Namun, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan data dan apa yang dimaksud dengan informasi? Untuk mencari perbedaan antara data dan informasi, pastinya Anda harus memahami atau mengerti terlebih dulu apa pengertian dari kedua istilah tersebut.

Bagi Anda yang sering menggunakan data dan informasi, pastikan bahwa Anda juga mengetahui pengertian dari keduanya. Penting untuk Anda ketahui, data dan informasi adalah 2 hal yang sangat berbeda. Baik pengertian maupun penggunaannya, data dan informasi memiliki perbedaan yang sangat berbeda. Data merupakan sesuatu yang masih bersifat mentah, dimana data masih berupa sesuatu yang tidak memiliki makna untuk penerimanya. Oleh karena itu, dibutuhkannya pengolahan data hingga menjadi informasi yang siap disajikan. Dengan begitu, penerima bisa mengerti makna dari informasi yang sudah di terima.

Dari pernyataan tersebut maka bisa ditarik kesimpulan bahwa data adalah sesuatu yang akan di proses menjadi informasi. Tanpa pengolahan, data yang di sajikan tidak akan memiliki makna untuk para penerimanya. Sedangkan informasi sendiri adalah hasil pengolahan data, informasi memiliki makna yang bisa dipahami oleh penerimanya. Tanpa adanya data, maka tidak akan ada informasi yang bisa di sajikan. Untuk datanya sendiri bisa berupa gambar, angka, suara, keadaan, bahasa, huruf, simbol dan lain sebagainya. Data merupakan sesuatu yang tidak bernilai jika tidak di proses dan informasi memiliki nilai dari hasil pengolahan data.

Secara garis besar, data dan informasi memiliki keterikatan yang tidak bisa dipisahkan. Keduanya memiliki perbedaan yang sangat jelas sehingga tidak boleh dianggap sama. Misalnya, dalam setiap sistem informasi akan dengan diawali data lalu disudahi dengan informasi. Informasi sendiri memiliki nilai yang sangat berharga yang dibutuhkan oleh penerima. Akan tetapi, tanpa data maupun tanpa pengolahan data yang tepat maka informasi yang bernilai tidak akan pernah ada. Informasi dan data bukanlah hal yang sama dan tidak bisa disamakan.

Setelah membaca penjelasan tersebut, pastikan bahwa Anda tidak lagi menyamakan antara data dan informasi. Kedua istilah tersebut sering dianggap sama oleh sebagian orang, pada kenyataannya keduanya memiliki pengertian yang sangat berbeda. Apabila Anda sudah memahami apa yang dimaksud dengan data dan apa yang dimaksud dengan informasi, gunakan kedua istilah tersebut sesuai maknanya. Jangan menganggap data dan informasi sebagai sinonim yang bisa saling menggantikan.

Sekian informasi yang bisa di sampaikan mengenai perbedaan data dan informasi. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.