Perbedaan Cerpen dan Novel Secara Lengkap dan Jelas

Perbedaan Cerpen dan Novel - Pada kesempatan berikut ini akan disampaikan informasi mengenai perbedaan cerpen dan noovel. Perbedaan cerpen dan novel ternyata cukup banyak, bagi Anda yang ingin mengetahuinya secara jelas silahkan simak penjelasan berikut ini. Cerpen dan novel adalah hal yang sering ditemui, keduanya sama-sama berisi cerita-cerita yang sebagian besar adalah hiburan. Cerpen sendiri adalah singkatan dari cerita pendek, berisi cerita-cerita yang hampir mirip dengan novel. Namun cerpen dan novel sendiri memiliki perbedaan yang cukup banyak.


Berikut perbedaan verpen dan novel yang bisa Anda ketahui :

1. Alur
Jika dilihat dari alurnya, novel memiliki alur cerita yang lebih kompleks. Alur cerita dari novel lebih panjang, lebih rumit dan lebih luas. Sedangkan cerpen memiliki alur cerita yang lebih sederhana dan ruang geraknya terbatas atau sempit.

2. Pengaruh
Konflik yang terjadi pada novel biasanya akan mengubah nasib dari tokoh. Sedangkan konflik yang terjadi pada cerpen biasanya tidak akan mengubah nasib dari tokoh tersebut .

3. Panjang cerita
Jika dilihat dari panjang cerita, pada novel biasanya akan bercerita mengenai sebagian besar kehidupan si tokoh. Sedangkan pada cerpen hanya berisi cerita mengenai kehidupan tokoh yang hanya dianggap penting-penting saja.

4. Penokohan
Untuk novel, karakter dari tokohnya akan di sampaikan secara mendetail. Sedangkan karakter tokoh pada cerpen di sampaikan yang penting saja atau tidak mendetail. Bukan hanya itu, novel akan memunculkan tokoh yang lebih banyak dengan berbagai karakter. Kehidupan yang diceritakan bahkan bisa berupa masa kecil dari si tokoh sampai ia meninggal. Sedangkan cerpen hanya menampilkan beberapa tokoh saja dan jalan ceritanya sangat singkat.

5. Latar
Latar dari novel biasanya akan lebih luas dan juga dalam waktu yang cukup lama. Sedangkan latar cerpen akan dilukiskan secara terbatas dan hanya sebentar.

6. Perwatakan
Perbedaan lain bisa juga dilihat dari perwatakan si tokoh. Novel biasanya menampilkan sedikit demi sedikit dari perwatakan tokoh. Perwatakan tersebut akan muncul secara perlahan-lahan pada beberapa bagian dari cerita serta lingkungan dari tokoh juga terlukis. Sedangkan cerpen menampilkan perwatakan tokoh yang sangat singkat dan langsung terarah sehingga terlihat lebih jelas.

7. Konflik
Novel menampilkan konflik yang bukan hanya terdiri dari satu konflik sehingga alurnya lebih terperinci dan bercabang-cabang. Sedangkan konflik pada cerpen hanya terdiri dari satu konflik saja, berpusat pada satu klimaks.

Itulah perbedaan dari novel dan cerpen yang bisa Anda ketahui. Novel dan cerpen adalah hal yang sangat berbeda, dilihat dari beragam sisi. Novel biasanya menampilkan konflik batin, namun tidak pada cerpen yang tidak harus terjadi konflik batin. Cerita bisa disebut sebagai novel jika jumlah kata-katanya melebihi batas minimal yakni 35 ribu kata. Sedangkan cerpen biasanya hanya terdiri dari jumlah kata yang sedikit, maksimal hanya 10 ribu kata. Untuk membaca novel dibutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan membaca cerpen. Selain itu, ada banyak lagi perbedaan cerpen dan novel secara mendetail.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai perbedaan cerpen dan novel. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.