Perbedaan GSM dan CDMA Dalam HP

Perbedaan GSM dan CDMA - Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai perbedaan GSM dan CDMA yang mungkin masih sedikit awam bagi pengguna ponsel yang masih baru. Tentunya Anda juga pengguna HP bukan? Dalam HP tersebut terdapat kartu chip yang merupakan identitas Anda yang berupa rangkaian angka-angka. Anda bisa memilih kartu tersebut sesuai dengan yang Anda senangi. Dan kartu ini terbagi menjadi dua macam, yakni kartu GSM dan kartu CDMA. Keduanya pasti memiliki perbedaan yang masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan. Sebelum memilih kartu apa yang akan digunakan, sebaiknya kita ketahui masing-masing perbedaannya seperti berikut ini :

1. Operator
Hal pertama yang membedakan GSM dan CDMA yaitu operatornya. Dari operator ini akan terlihat jelas bahwa kartu GSM dan CDMA memiliki jenis yang berbeda. Sebagai contoh operator GSM diantaranya yakni : Simpati, XL, Mentari, Im3, Three, Axis dan ada banyak lagi yang lain. Sedangkan contoh untuk operator CDMA diantaranya yakni : Fren, StarOne, dan Ceria.

2. Teknologi
Secara teknologi perbedaan GSM dan CDMA juga sangat terlihat jelas. Untuk GSM ini menggunakan teknologi digital berdasarkan waktu untuk mengirim paket data, yang sering disebut dengan timeslot. Tujuannya yakni agar timeslot dimonopoli oleh pengguna selama waktu yang digunakan, sedang aktif berbicara dan juga ketika sedang diam.

Sedangkan teknologi CDMA ini menggunakan sistem coding. Sehingga setiap panggilan yang ada dan sedang berlangsung menggunakan kode unik dan cara ini bisa menekan seminimal mungkin terjadinya komunikasi silang atau kebocoran pada komunikasi.

3. Kekurangan GSM dan CDMA
GSM dan CDMA masing-masing memiliki keamanan yang berbeda, pada GSM ini akan aman karena menggunakan sistem digital yang bisa mengenkripsikan pembicaraan. Namun untuk memotong dan merekonstruksi sinyal ini memang dibutuhkan peralatan yang mahal dan khusus, dan hanya perusahaan operator GSM saja yang boleh mendistribusikan dan tidak disebarluaskan menjaga keamanan.

Sedangkan untuk CDMA menggunakan teknologi spread-spectrum untuk menyebarkan sinyal informasi dengan melalui bandwith yang lebar, yakni 1, 25 MHZ. Teknologi yang awalnya di buat untuk kepentingan militer ini menggunakan kode digital unik. Dan tingkat keamanan CDMA sebenarnya memang lebih baik daripada jaringan GSM, karena sistem yang digunakan yaitu cara multiple di vision dengan menggunakan kode.

Saat ini kebanyakan orang menggunakan kartu dengan jaringan GSM daripada CDMA karena jaringan GSM memiliki sinyal yang lebih bagus. Sinyal yang bagus ini bukan hanya di daerah perkotaan saja, namun juga di daerah pedesaan. Sedangkan sinyal CDMA terkadang tidak bisa digunakan untuk daerah pedesaan atau daerah pegunungan karena masih jauh dari jangkauan. Inilah mengapa orang-orang, terlebih di pedesaan lebih memilih GSM. Dan ini juga merupakan perbedaan GSM dan CDMA yang umum terjadi dan terjadi pada semua jenis jaringan CDMA.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai perbedaan GSM dan CDMA. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.