Perbedaan Kebudayaan dan Peradaban Menurut Pandangan Para Ahli

Perbedaan Kebudayaan dan Peradaban - Pada kesempatan kali ini akan diberikan informasi mengenai perbedaan kebudayaan dan peradapan. Perbedaan kebudayaan dan peradaban hingga saat ini masih memang menjadi hal yang sangat membingungkan. Terlebih jika dilihat dari banyaknya pendapat para ahli mengenai keduanya. Ada yang berpendapat mengenai tidak adanya perbedaan diantara kebudayaan dan peradaban. Akan tetapi banyak juga pendapat yang mengungkapkan perbedaan diantara keduanya. Untuk Anda yang ingin mengetahui pandangan-pandangan dari para ahli tersebut, simak penjelasan berikut.

Berikut adalah pendapat atau pandangan para ahli mengenai perbedaan antara kebudayaan dan peradaban :

Menurut Albion Small
Menurut Albion Small, peradaban adalah kemampuan yang dimiliki manusia dalam mengendalikan dorongan dari dasar kemanusiaannya. Dimana peradaban ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia itu sendiri. Sedangkan kebudayaan lebih mengacu kepada kemampuan yang dimiliki manusia dalam mengendalikan alam. Pengendalian alam ini melalui ilmu pengetahuan dan juga teknologi. Menurutnya, peradaban memiliki hubungan dengan perbaikan yang sifatnya kualitatif. Peradaban menyangkut kondisi batin dari manusia dan kebudayaan lebih mengacu pada hal yang bersifat faktual, material, relevan dan juga konkret.

Menurut Alfred Weber
Perbedaan kebudayaan dan peradaban menurut Alfred Weber yaitu peradaban lebih mengacu pada pengetahuan dan juga intelektual. Dimana peradaban juga adalah kumpulan cara yang sifatnya teknis dan digunakan untuk mengendalikan alam. Sementara kebudayaan adalah serangkaian nilai, ide, prinsip normatif yang bersifat unik. Menurutnya, peradaban memiliki sifat yang lebih kumulatif dan juga lebih siap untuk disebar. Namun lebih rawan terhadap adanya penilaian dan juga lebih berkembang dibandingkan dengan kebudayaan.

Menurut Spengler
Menurut Spengler, peradaban adalah kebudayaan yang sudah mencapai taraf yang tinggi maupun kompleks. Menurutnya, peradaban adalah kebudayaan yang tidak lagi memiliki aspek produktif, sudah membeku dan mengkristal. Sementara kebudayaan sendiri adalah sesuatu yang mengacu pada hal yang hidup dan juga kreatif. Perbedaan kebudayaan dan peradaban menurutnya, kebudayaan adalah sesuatu yang sedang terjadi. Sedangkan peradaban adalah sesuatu yang sudah selesai. Contoh dari kebudayaan diantaranya yakni makanan, minuman, pakaian dan lain sebagainya. Sedangkan contoh dari peradaban yakni candi Prambanan, Tembok Besar Cina dan lain sebagainya.

Menurut Daed Joesoef
Menurutnya, kebudayaan adalah sesuatu yang memiliki ciri dan juga sifat budaya. Sementara budaya itu sendiri adalah sistem nilai yang dihayati. Sedangkan peradaban adalah gabungan dari kesatuan budaya dan juga sejarah yang membentuk suatu kondisi masyarakat.

Nah itulah pandangan menurut para ahli mengenai perbedaan antara peradaban dan juga kebudayaan. Selain yang sudah dijelaskan, masih ada beberapa lagi para ahli lainnya yang mengungkapkan pendapatnya mengenai kedua istilah ini. Dari banyaknya pendapat yang ada, mungkin Anda akan sedikit kebingungan jika harus menarik kesimpulan dari pendapat-pendapat tersebut . Akan tetapi setidaknya Anda sudah mengetahui pandangan-pandangan para ahli mengenai kebudayaan dan juga peradaban.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai perbedaan kebudayaan dan peradaban menurut pandangan para ahli. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.