Perbedaan Kualitatif dan Kuantitatif Dalam Sebuah Penelitian

Perbedaan Kualitatif dan Kuantitatif - Dalam sebuah penelitian memiliki dua buah metode yaitu kualitatif dan juga kuantitatif. Apakah perbedaan kualitatif dan kuantitatif dalam suatu metode penelitian tersebut . Kedua metode penelitian tersebut pada dasarnya memiliki tujuan yang sama, yaitu sama-sama digunakan untuk mengumpulkan data. Selain itu dengan metode tersebut, peneliti juga bisa mempertanggung jawabkan datanya karena langsung melakukan penelitian dan observasi. Kemudian, jika sama-sama memiliki tujuan akhir yang sama dimanakah perbedaan keduanya? Agar lebih jelas mengenai perbedaan kedua metode penelitian tersebut, Anda bisa langsung simak penjelasannya berikut ini.

Dari segi data yang di ambil kedua hal ini memiliki perbedaan pada hasil data yang didapatkan. Pada metode kualitatif hasil yang didapat berupa penjelasan, catatan observasi, dokumen, dan juga wawancara atau angket. Sedangkan jika melakukan penelitian menggunakan metode kuantitatif data yang didapat biasanya berupa angka, koding, perhitungan, pemetaan dan lainnya. Tujuan dari kedua metode ini sudah pasti untuk mendapatkan data yang valid untuk melakukan pengkajian terhadap banyak hal dengan observasi secara langsung. Dengan data yang valid dan pasti, maka bisa dihasilkan suatu penelitian yang baik dan juga bisa dipertanggungjawabkan.

Dari segi tujuan penelitiannya, kedua metode ini dapat memiliki perbedaan, pada metode kualitatif suatu penelitian dilakukan untuk meningkatkan suatu konsep yang sebelumnya sudah ada. Selain itu, penelitian kualitatif juga bertujuan untuk membuat orang lebih memahami akan suatu teori dan juga meningkatkan teori yang sudah ada. Sedangkan untuk penelitian kuantitatif memiliki tujuan untuk melakukan pengujian akan suatu teori. Selain itu, dengan penelitian kuantitatif dapat juga dihasilkan pemetaan untuk memberikan gambaran berupa angka dan juga statistik. Metode kuantitatif dapat juga digunakan untuk meyakinkan suatu fakta atau membuat prediksi akan suatu teori yang dikeluarkan.

Dari segi sampling antara dua metode ini memiliki perbedaan yang cukup jelas juga. Jika pada metode kualitatif sampling dilakukan dengan metode non representatif jadi peneliti bisa langsung observasi dapat pula lewat telepon atau hal lainnya. Responden untuk penelitian kualitatif biasanya juga lebih sedikit sehingga tidak terlalu ribet dalam melakukan penelitian. Sedangkan untuk penelitian kuantitatif sampling dilakukan dengan metode representatif yaitu peneliti langsung datang untuk melakukan observasi. Cakupan penelitian kuantitatif juga lebih luas dengan jumlah responden yang jauh semakin banyak. Dengan demikian bisa dihasilkan data yang valid untuk melakukan suatu pemetaan.

Perbedaan kualitatif dan kuantitatif terakhir bisa dilihat dari segi pengumpulan data yang dilakukan. Karena metode penelitian kualitatif lebih berbentuk pengujian dan pengembangan maka pengumpulan data bisa dengan melakukan wawancara. Selain itu metode kualitatif juga sangat mungkin kita melakukan observasi partisipatif. Sedangkan untuk metode penelitian kuantitatif karena berbentuk pembuktian metode pengumpulan data biasanya menggunakan eksperimen. Selain itu, survey juga sangat tepat digunakan dalam suatu penelitian kuantitatif.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai perbedaan kualitatif dan kuantitatif. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.