Perbedaan Otot Polos Lurik dan Jantung pada Manusia

Perbedaan Otot Polos Lurik dan Jantung - Otot adalah jaringan yang membuat tubuh dan berperan sebagai alat gerak yang aktif. Pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai perbedaan otot polos, lurik dan jantung. Otot adalah bagian tubuh yang sangat penting karena ia memiliki 3 fungsi utama yakni melakukan kontraksi, melakukan kebalikan dari kontraksi dan kembali ke keadaan semula. Otak sendiri terdiri dari 3 bagian yakni otot lurik, otot jantung dan otot polos. Mengenai ketiga jenis otak ini, membahas otot pasti tak akan lepas dari mereka. Mengetahui perbedaan ketiganya dari berbagai segi sangatlah penting. Otot polos, lurik dan jantung adalah alat gerak yang sangat penting maka wajib bagi Anda mengetahui tentang hal ini.

Perbedaan otot polos, lurik dan jantung akan dijelaskan pada pembahasan kali ini. Nah, bagi Anda yang penasaran ingin mengetahui apa saja perbedaan dari keduanya, simak penjelasan dibawah ini.

1. Otot Polos
Berdasarkan jumlah nukleus satu yang terletak pada bagian tengah, bentuknya mirip seperti gelandong. Otot ini bekerja secara tidak sadar, serabutnya tampak tidak teratur, tidak mudah lelah dan lambat. Otot polos sendiri terletak di sistem pencernaan, saluran pernapasan serta pembuluh darah. Walaupun begitu jika dilihat melalui microscop akan terlihat bentuknya polos maka disebutnya otot polos. Meskipun sesungguhnya ada serabut namun karena bentuknya homogeny maka terlihat teratur dan polos. Dalam bekerja bisa dikatakan otot ini lambat namun bisa bekerja dalam waktu yang cukup lama. Kerja saraf pada otot polos yakni secara otonom. Gerakannya otot ini tidak disadari oleh manusia.

2. Otot lurik
Otot lurik atau disebut juga otot rangka karena letak otot ini menempel pada rangka seperti rangka kaki dan tangan. Otot ini bekerja sesuai kemauan kita atau bergerak secara sadar. Kemampuan gerak otot ini cepat namun cepat juga mengalami kelelahan. Jika dilihat melalui mikroskop maka akan tampak serabut yang bentuknya teratur dan berlurik serta sifat kerja saraf pada otot lurik adalah somatic. Otot ini berwarna gelap dan terang. Bentuk sel dari otot ini panjang dan ada banyak inti sel dalam setiap tepi sel. Otot lurik sendiri mampu bekerja karena adanya rangsangan yang berupa dingin, panas, rangsangan kimia dan juga sengatan listrik.

3. Otot Jantung
Otot jantung merupakan bagian paling penting karena otot inilah yang mempengaruhi kinerja jantung. Otot tersebut terdapat pada organ penting manusia yakni jantung. Otot ini bekerja secara sadar atau sesuai perintah manusia. Berbeda dengan otot lurik, otot jantung tidak mudah capek karena ia akan selalu berkontraksi dan berelaksasi selama manusia masih bernyawa atau hidup. Jika otot tersebut tidak bekerja maka di pastikan manusia tidak hidup lagi. Otot jantung memiliki ini sel sejumlah satu yang letaknya berada di dalam. Jika diamati melalui mikroskop, maka akan terlihat bentuknya yang bercabang dan berhubungan satu sama lain. Kinerjanya memang sangat kompleks. Saraf-saraf pada otot jantung bekerja secara otonom.

Sekian informasi mengenai perbedaan otot polos, lurik dan jantung. Semoga pembahasan mengenai ketiganya bisa membantu Anda serta menambah wawasan Anda mengenai otot dalam kinerja organ tubuh manusia. Tanpa adanya otot, tubuh tidak akan bisa bergerak secara aktif dan melakukan pekerjaan sehari-hari.