Perbedaan Pembangunan Ekonomi Dan Pertumbuhan Ekonomi Dalam Sebuah Negara

Perbedaan Pembangunan Ekonomi Dan Pertumbuhan Ekonomi - Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi. Perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi dalam suatu negara memang harus kita ketahui bersama. Karena kemungkinan besar apa yang saat ini kita lakukan juga berpengaruh bagi pertumbuhan atau perkembangan ekonomi tersebut. Dengan demikian, kita bisa lebih meningkatkan usah kita jika itu merupakan baik untuk kita dan penduduk. Namun sebaliknya, kita juga harus berupaya untuk meminimalisir suatu usaha apabila usaha yang kita jalankan ternyata berpengaruh buruk bagi kehidupan sekitar.

Pembangunan ekonomi sendiri bisa disimpulkan sebagai gerakan atau proses kenaikan pendapatan total atau berkapita yang berjalan dengan memperhatikan pemerataan pendapatan dan juga memperhatikan pertambahan penduduk yang dibarengi dengan perubahan struktur ekonomi suatu negara.

Sedangkan pertumbuhan ekonomi bisa diartikan sebagai suatu proses kenaikan kapasitas produksi dalam perekonomian yang berbentuk kenaikan pendapatan nasional. Lalu, kapan negara akan dikatakan sudah atau sedang mengalami pertumbuhan ekonomi? Yakni apabila negara tersebut sudah terjadi peningkatan GNP riil.

Adapun perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi yaitu sebagai berikut :

1. Pertumbuhan ekonomi adalah proses berkembang atau naiknya produk berkapita yang terjadi dalam jangka waktu panjang. Sedangkan pembangunan ekonomi adalah proses perubahan yang terjadi secara terus menerus menuju perbaikan, adapun salah satu perubahannya terlihat pada meningkatnya produk berkapita.

2. Pertumbuhan ekonomi dalam prosesnya tidak memperhatikan pemerataan pendapatan. Sedangkan dalam pembangunan ekonomi dalam prosesnya memperhatikan pemerataan pendapatan dan juga pemerataan pembangunan serta hasilnya.

3. Ekonomi yang terus bertumbuh, tidak memperhatikan pertambahan penduduk, sedangkan proses pembangunan ekonomi memperhatikan pertambahan penduduk suatu negara.

4. Proses pertumbuhan ekonomi belum tentu bisa meningkatkan taraf hidup suatu negara atau masyarakat. Sedangkan pembangunan ekonomi dalam prosesnya bisa meningkatkan taraf hidup suatu negara atau masyarakat.

5. Pada saat suatu negara terjadi pertumbuhan ekonomi maka belum pasti disertai dengan pembangunan ekonomi, akan tetapi ini bisa terjadi sebaliknya karena pembangunan ekonomi suatu negara selalu beriringan dengan pertumbuhan ekonomi.

6. Input pada pertumbuhan ekonomi selalu menghasilkan output yang semakin banyak namun pada pembangunan ekonomi, input bukan hanya menghasilkan putput yang banyak, namun di sisi lain juga terjadi perubahan dalam kelembagaan dan juga pengetahuan teknik.

Adanya pabrik-pabrik yang kini mulai marak didirikan di perkampungan, akan mengubah taraf hidup masyarakat. Namun demikian akan ada pihak yang dirugikan karena beberapa faktor seperti polusi limbah pabrik, polusi suara, jalanan mulai cepat rusak karena keluar masuknya kendaraan berat dan lain sebagainya. Namun pendapatan penduduk akan makin bertambah dan kehidupan akan semakin maju dari sebelumnya karena dengan taraf ekonomi yang meningkat, sangat sangat mungkin untuk setiap anak bisa sekolah ke jenjang, yang lebih tinggi. Dengan demikian pendidikan penduduk akan semakin maju dari tahun ke tahun.

Sekian informasi mengenai perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.