Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Makhluk hidup

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan - Pada kesempatan berikut ini akan dibahas informasi mengenai perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup. Secara ilmiah, pertumbuhan dan perkembangan adalah dua hal yang berbeda, akan tetapi memiliki arti yang hampir sama. Keduanya sama-sama terjadi perubahan, namun tumbuh pada umumnya sering kita samakan artinya dengan perubahan dengan pergerakan keatas, sedangkan perkembangan sering kita artikan sebagai perubahan tubuh yang terjadi dengan gerakan ke samping.

Akan tetapi, arti sesungguhnya pertumbuhan bisa diartikan sebagai proses bertambahnya tinggi, volume atau massa pada tubuh suatu makhluk hidup yang bisa dihitung dengan menggunakan angka, atau berbentuk kuantitatif. Sehingga pertumbuhan bisa dilihat secara fisik yang ada pada tubuh makhluk hidup. Apabila terjadi penambahan jumlah sel yang membelah maka proses pertumbuhan akan terjadi. Dan pertumbuhan bisa terjadi dalam kurun waktu tertentu, sehingga akan ada titik dimana makhluk hidup tidak bisa lagi bertumbuh atau berhenti pertumbuhannya.

Sebagai contoh pertumbuhan yang terjadi pada makhluk hidup ini yaitu bertambahnya daging pada badan seseorang atau pada hewan. Sedangkan pada pohon atau tanaman bisa kita lihat karenanya ada pertambahan tinggi dan penambahan jumlah daun dan sebagainya.

Sedangkan yang dimaksud dengan perkembangan yakni proses yang terjadi karena adanya peningkatan kedewasaan untuk menjadi makhluk yang lebih sempurna seutuhnya. Proses ini bersifat kualitatif atau tidak dapatkan disimbolkan atau dinyatakan dengan jumlah angka, namun bisa dilihat dari fungsinya. Dan semua makhluk hidup mengalami hal semacam ini. Pada proses ini tidak ada batasan usia, sehingga proses perkembangan akan terjadi secara terus menerus seiring dengan bertambahnya usia yang ada.

Sebagai contoh adanya perkembangan yaitu proses dewasa pada seorang bayi, saat dilahirkan ia tidak bisa melakukan apa-apa sehingga ia mampu berjalan, berbicara, dan memikirkan secara lebih dewasa dan sempurna. Dari pengertian tentang perkembangan dan pertumbuhan ini, maka bisa kita tarik kesimpulan tentang perbedaan antara keduanya yakni :

1. Secara Sifat
Pertumbuhan memiliki sifat kuantitatif sehingga bisa digambarkan atau dinyatakan dengan menggunakan bilangan. Sedangkan perkembangan memiliki sifat kualitatif sehingga tidak bisa digambarkan dengan menggunakan bilangan atau angka-angka.

2. Secara Fisik
Pertumbuhan bisa dilihat dari keadaan fisik yang semakin besar, tinggi, berat dan sebagainya, sedangkan perkembangan akan tampak dari sisi yang berbeda. Yakni tampak dari sifat dan kemampuan makhluk hidup untuk melakukan hal yang lebih baik dan lebih sempurna dari sebelumnya.

3. Secara Proses
Dalam prosesnya, pertumbuhan memiliki batasan usia, sehingga akan ada waktu dimana makhluk hidup tidak bisa lagi tumbuh atau pertumbuhan akan terhenti. Sedangkan dalam proses perkembangan akan tidak ada batasan usia, sehingga makhluk hidup selalu melakukan proses perkembangan seumur hidupnya.

Sekian informasi mengenai perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup. Semoga bisa ermanfaat untuk Anda semua. Terima Kasih.