Perbedaan RNA dan DNA Pada Tubuh Makhluk Hidup

Perbedaan RNA dan DNA - Pada makhluk hidup yang ada di semua dunia pasti memiliki RNA dan DNA. Nah, tahukah Anda apa perbedaan dari RNA dan DNA pada makhluk hidup. Tidak hanya pada manusia, RNA dan DNA juga dimiliki oleh hewan juga tumbuhan. Antara DNA dan RNA ini sama-sama mengandung suatu zat yang bisa memberikan identitas yang detil tentang makhluk. DNA dan RNA biasanya saling berhubungan dan sama dengan orang paling dekat dalam suatu keluarga seperti orangtua. Oleh karena itu, pada masa sekarang DNA kerapkali digunakan sebagai penentuan identitas pada orang hilang dan korban bencana.
Untuk perbedaan dari RNA dan DNA bisa dimulai dari tempat dan tempat keberadaannya. Di mana letak RNA ini terdapat pada inti, sitoplasma serta ribosoma. Berbeda dengan DNA yang hanya terdapat pada suatu inti sel. Bentuk dari RNA biasanya juga hanya berupa rantai tunggal. Ukuran RNA juga tidak panjang berbeda dengan DNA yang tambah lebih panjang. Pada DNA bentuknya juga masih berbentuk seperti rantai. Untuk bisa melihat bentuk dari DNA dan RNA tersebut sebaiknya menggunakan alat dan cara khusus selain dalam tubuh RNA dan DNA juga tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.

Selain itu pada RNA juga memiliki hubungan bersama dengan sintesa protein. Sedangkan untuk FNA ini memiliki hubungan yang erat hubungannya dengan sintesa protein dan keturan serta pengendaliannya. DNA akan selalu di turunkan oleh salah satu orangtua dan selalu berlanjut hingga makhluk tersebut juga menjadi orangtua. Perbedaan lainnya yaitu dampak sintesa protein yang terjadi di RNA namun tidak terjadi pada DNA. Oleh karena itu, walaupun terjadi apapun pada makhluk tersebut akan sangat sulit untuk membuat DNA bisa berubah.

Perbedaan dari RNA dan DNA lainnya yaitu adanya kandungan basa yang berbeda. Walau keduanya memiliki kandungan Primidina Sitosic C, namun antara DNA dan RNA memiliki kandungan Urasail yang berbeda. Di mana RNA mengandung Urasil U dan DNA mengandung Timin T. Kandungan basa lainnya yaitu Guanina G dan Purina Adenina A. Kandungan ini sama di mana keduanya antara RNA dan DNA sama-sama memiliki kandungan tersebut . Sedangkan kandungan gulanya untuk RNA yaitu gula Petonsa (ribosa). Berbeda dengan DNA memiliki jenis gula Geoksiribosa yang disebut ribosa yang masih kekrangan oksigen 1 atom.

Itulah beberapa perbedaan dari RNA dan DNA di mana antara kedua hal itu memiliki perbedaan yang cukup jauh. Walau demikian, antara RNA dan DNA juga memiliki kesamaan salah nya ialah pada kandungan basanya. Perbedaan lain dari kedua hal ini yaitu DNA yang bisa dijadikan sebagai media untuk menentukan identitas seseorang yang lama hilang atau seorang korban kecelakaan. Berbeda dengan RNA karena RNA bisa berubah maka tidak bisa dijadikan media penentuan identitas. 

Sekian yang bisa disampaikan mengenai Perbedaan RNA dan DNA semoga bisa bermanfaat  untuk Anda semua. Terima Kasih.