Perbedaan Uang Kartal dan Uang Giral Berserta Pengertiannya

Perbedaan Uang Kartal dan Uang Giral - Berikut akan dibahas mengenai alat pembayaran, terdapat dua jenis uang yakni uang kartal dan uang giral. Apa perbedaan uang kartal dan uang giral? Uang kartal merupakan uang yang digunakan untuk alat pembayaran sehari-hari yang mencakup uang kertas dan uang logam. Uang kartal sendiri di Indonesia dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Selanjutnya uang giral merupakan uang berbentuk surat berharga dan bisa diuangkan di lembaga keuangan tertentu. Lembaga yang ditunjuk ini adalah bank dan Kantor Pos. Uang giral bisa berupa cek, wesel, dan giro pos.

Terdapat sifat tertentu pada masing-masing jenis uang sebagai perbedaan uang kartal dan uang giral. Sifat dari uang kartal adalah semua orang memilikinya sebagai alat tukar dan alat pembayaran. Uang kartal yang berwujud kertas ataupun logam ini beredar di masyarakat dengan mudah dan cepat. Lalu sifat dari uang giral ialah tidak kebanyakan orang memiliki ataupun mau memakainya. Biasanya orang-orang yang memiliki kepentingan tertentu yang menggunakan jenis uang giral sebagai alat pembayaran atau alat tukarnya. Rekening dan tabungan juga termasuk uang giral dan dikeluarkan oleh Bank Umum.

Pada umumnya, orang-orang biasanya mengetahui jenis uang secara sempit, yakni uang kertas dan uang logam saja sebagai uang tunai. Akan tetapi ternyata surat-surat berharga juga disebut uang. Pada intinya, pengertian uang sendiri adalah alat yang digunakan sebagai alat pembayaran barang dan jasa dan di terima secara umum. Terlepas dari pengertian uang, beberapa jenis uang, dan perbedaan uang kartal dan uang giral yang sudah Anda mengerti tersebut, ternyata uang juga memiliki beragam macam fungsi. Dan tahukah Anda apa saja fungsi uang? Fungsi uang ialah sebagai berikut :

Sebagai alat tukar
Sebelum mengenal uang, masyarakat Indonesia mengenal sistem tukar-menukar barang secara barter, yakni barang yang satu ditukar untuk mendapatkan barang lainnya. Setelah uang muncul, maka sistem pertukaran barang tersebut lebih mudah dan lebih teratur. Uang adalah alat tukar yang sudah lebih modern.

Sebagai satuan hitung
Apabila Anda mempelajari ekonomi, maka tidak akan terlepas dari pembahasan uang. Fungsi uang selanjutnya adalah sebagai satuan hitung. Apa yang disebut satuan hitung? Fungsi uang sebagai satuan hitung mengartikan bahwa uang adalah unit ukuran yang bisa digunakan untuk menentukan nilai suatu barang. Nilai suatu barang berbeda-beda dan bisa dinyatakan dengan jumlah uang tertentu.

Selain dua hal itu, uang juga memiliki fungsi sebagai pengukuran pembayaran yang tertunda. Artinya uang bisa berperan dengan baik jika nilainya stabil dari waktu ke waktu. Uang dapat juga digunakan untuk menyimpan nilai. Seseorang bisa menabung untuk menyimpan uangnya yang bisa digunakan dimasa yang akan datang. Uang yang disimpan di bank adalah milik perorangan yang bisa di ambil setiap saat. Bank hanya sebagai lembaga yang memberikan jasa penyimpanan atau peminjaman uang. Tabungan sendiri juga adalah jenis uang giral yang sewaktu-waktu bisa diuangkan menjadi uang kartal yang berupa uang kertas atau logam. 

Sekian yang bisa disampaikan mengenai Perbedaan Uang Kartal dan Uang Giral semoga bisa bermanfaat  untuk Anda semua.