Ini Dia Perbedaan Dikotil dan Monokotil Pada Akar, Batang dan Bunga

Perbedaan Dikotil dan Monokotil - Pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai perbedaan dikotil dan monokotil. Istilah dikotil dan juga monokotil adalah istilah yang sering digunakan dalam bidang keilmuan. Istilah ini digunakan untuk membedakan tumbuhan dari jenis bijinya. Tumbuhan dikotil adalah tumbuhan yang memiliki biji berkeping atau belah 2. Sedangkan tumbuhan monokotil adalah tumbuhan yang bijinya hanya memiliki 1 keping saja. Seperti nama yang diberikan yakni di yang berarti 2 sedangkan mono berarti satu. Jadi untuk mengingatnya, Anda bisa mengingatnya secara mudah dari nama yang diberikan.
perbedaan akar dikotil dan monokotil beserta gambar,secara anatomi,morfologi,beserta gambarnya,struktur batang dikotil dan monokotil,dalam hal ikatan pembuluhnya,
Baca Juga : Perbedaan DNA dan RNA
Tumbuhan dikotil dan monokotil memiliki perbedaan, apa saja perbedaan dari tumbuhan dikotil dan monokotil tersebut? Bagi Anda yang belum mengetahui perbedaan antara tumbuhan dikotil dan monokotil, simak penjelasan berikut ini :

Bentuk akar
Tumbuhan dikotil memiliki sistem akar tunggang sedangkan pada tumbuhan monokotil memiliki sistem akar serabut.

Bentuk pola tulang atau sumsum daun
Untuk tumbuhan monokotil biasanya memiliki bentuk sumsum maupun pola tulang daun yang sejajar atau melengkung. Sedangkan pada tumbuhan dikotil memiliki bentuk pola tulang daun yang menjari atau menyirip.

Tudung akar atau kaliptrogen
Perbedaan antara tumbuhan dikotil dan monokotil selanjutnya bisa dilihat dari tudung akarnya. Untuk tumbuhan monokotil akan memiliki atau terdapat tudung akar maupun kaliptrogen. Sedangkan pada tumbuhan dikotil sendiri tidak memiliki atau tidak terdapat tudung akar.

Jumlah keping biji
Sama seperti nama yang diberikan, tumbuhan dikotil memiliki 2 keping biji dan tumbuhan monokotil hanya memiliki satu keping biji.

Kandungan yang terdapat pada batang dan akar
Jika dilihat dari kandungan yang dimiliki pada batang dan juga akar, akan terlihat apakah terdapat kandungan kambiumnya atau tidak. Tumbuhan monokotil tidak mengandung kambium sedangkan pada akar dan batang tumbuhan dikotil akan mengandung kandungan kambiumnya.

Jumlah kelopak bunga
Beralih membahas mengenai kelopak bunga, tumbuhan memang bukan hanya terdiri dari batang dan akar saja. Untuk tumbuhan monokotil, biasanya jumlah kelopak bunganya adalah kelipatan dari 3. Contohnya saja seperti 6, 9, 12, 15 dan sebagainya. Sedangkan pada tumbuhan dikotil memiliki jumlah kelopak bunga yang biasanya berupa kelipatan dari 4 atau 5.

Pelindung akar dan juga batang lembaga
Perbedaan lain dari tumbuhan dikotil dan monokotil yakni terdapat pada pelindung akar dan batangnya. Untuk tumbuhan dikotil tidak memiliki pelindung berupa koleoptil maupun koleorhiza. Sedangkan pada tumbuhan monokotil memiliki pelindung akar dan juga batang lembaga.

Pertumbuhan akar dan batang
Tumbuhan monokotil memiliki akar dan batang tidak tumbuh berkembang dan jadi membesar. Sedangkan pada tumbuhan dikotil mampu tumbuh dan berkembang serta jadi membesar.

Itulah perbedaan dari tumbuhan dikotil dan juga monokotil yang bisa Anda ketahui. Tumbuhan dikotil dan juga tumbuhan monokotil memang adalah tumbuhan yang sangat berbeda. Tumbuhan yang tingkatannya paling maju serta mampu bertahan hidup pada berbagai keadaan merupakan tumbuhan monokotil.

Sekian infomasi yang bisa di sampaikan mengenai perbedaan dikotil dan monokotil pada akar, batang dan bunga. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.